Buat flowchart itu mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Kamu juga bisa membuat DFD, ERD, UML dan diagram lainnya.

Ketika bekerja dengan data, salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah penyajian data. Sekumpulan data dapat disajikan dalam berbagai bentuk tergantung jenis data tersebut.

Jika data berbentuk persentase, maka Pie Chart adalah penyajian data yang tepat. Jika data adalah sebuah proses atau alur, maka Diagram Alir adalah cara menyajikan data dengan benar.

Diagram Alir atau Flowchart adalah sekumpulan komponen yang menunjukkan suatu proses terjadinya sesuatu berdasarkan alur-alur tertentu. Pada umumnya, proses dalam flowchart ditunjukkan dengan garis.

Aplikasi membuat flowchart ini dapat digunakan untuk membantumu menyajikan data dalam bentuk diagram alir. Terdapat berbagai pilihan terkait aplikasi pembuatan flowchart.

1. Dia Diagram Editor

download Dia Diagram Editor

Jika berbicara tentang aplikasi untuk membuat use case atau flowchart yang gratis, maka Dia tidak boleh terlewatkan. Aplikasi ini cukup melegenda dan memiliki tampilan yang sederhana.

Kamu bisa membuat flowchart dengan sangat mudah menggunakan software ini karena interface yang tidak terlalu kompleks dan mudah dipahami.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan komponen dengan bentuk tertentu menggunakan XML dan SVG. Terdapat banyak bentuk-bentuk standar seperti UML, basis data, dan sirkuit.

Flowchart yang berhasil dibuat dapat diunduh dalam berbagai format seperti SVG, JPG, PNG, hingga GIF.

Dia Diagram Editor bisa diinstall di sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS X.

2. yEd Graph Editor

download yEd Graph Editor

yEd Graph Editor juga tidak kalah minimalis. Meskipun dari segi tampilan, software ini terlihat sedikit lebih kompleks dibandingkan Dia, tetapi interface yang diusung tetap sederhana.

Terdapat berbagai macam flowchart yang bisa digunakan mulai dari diagram, pohon, diagram alir, hingga grafik jaringan. Aplikasi ini adalah aplikasi membuat ERD, UML, DFD, dan Computer Network.

Flowchart yang dihasilkan bisa diunduh dalam berbagai format seperti PNG, PDF, SVG, atau JPG. Selain itu, pengaturan komponen pada flowchart juga bisa dilakukan dengan sangat mudah.

yED merupakan perangkat lunak yang berbasis Java sehingga sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu sudah mempunyai Java Runtime di perangkat yang kamu gunakan.

Aplikasi membuat flowchart ini cocok digunakan baik oleh pemula maupun profesional karena memiliki fitur yang lengkap dengan interface sederhana.

Semua sistem operasi didukung yED Graph Editor mulai dari Windows, MacOS, hingga Linux.

3. ThinkComposer

download ThinkComposer

Jika dibandingkan dengan yED Graph Editor dan Dia, ThinkComposer memiliki tampilan yang lebih kompleks dan profesional. Hal tersebut karena software ini memang dirancang untuk yang sudah mahir.

Terdapat berbagai menu yang tersedia sehingga diagram yang dihasilkan juga lebih beragam mulai dari business model, timeline, use case diagram, class diagram, atau tree diagram.

ThinkComposer bisa didapat secara gratis dan dapat digunakan di PC dengan berbagai sistem operasi mulai dari Windows 7, 8, Vista, hingga XP.

4. Pencil Project

download Pencil Project

Pencil Project merupakan software dengan berbagai fitur shape dan interface yang cukup simpel. Software ini bisa digunakan secara gratis dari website resminya.

Keunggulan perangkat lunak ini adalah bisa digunakan di hampir semua sistem operasi. Selain itu, diagram yang digunakan juga dapat disesuaikan dengan perangkat pengguna, seperti android dan iOS.

Pencil Project juga sudah terhubung dengan OpenClipart.org. Hal ini sangat membantu terutama untuk mendapatkan clipart dari internet dengan lebih cepat.

Flowchart yang dihasilkan dari software ini dapat diekspor dalam berbagai format file di antaranya Adobe PDF, teks Open Office, Inkspace SVG, dan link web.

5. LibreOffice Draw

download LibreOffice Draw

LibreOffice adalah software yang dapat digunakan untuk membuat berbagai diagram dengan fitur yang lengkap tetapi sederhana. Kamu bisa dengan mudah merancang diagram terutama flowchart dengan ini.

Hal itu karena LibreOffice Draw memiliki tampilan workplace grid berbentuk titik-titik. Ini tentu sangat mempermudah proses pembuatan flowchart karena dapat dengan mudah mengatur posisi komponen.

Jika kamu akan membuat flowchart yang kompleks, maka software ini harus diperhitungkan. Hal tersebut karena workplace LibreOffice Draw bisa berukuran sampai 300 cm x 300 cm.

6. Diagram Designer

download Diagram Designer

Diagram Designer memiliki interface yang sangat sederhana. Terdapat lebih dari 25 simbol yang dapat digunakan untuk membuat diagram, termasuk bagan alir.

Software ini berguna untuk menghasilkan diagram dalam berbagai format seperti PCX, MNG, ICO, CUR, dan GIF. Selain itu, Diagram Designer juga menyajikan tampilan dengan berbagai bahasa internasional.

7. PlantUML

download PlantUML

Jika kamu merasa membuat flowchart secara manual terlalu melelahkan, kamu bisa coba PlantUML. Software ini dapat digunakan untuk menghasilkan flowchart dengan bantuan bahasa script.

PlantUML merupakan aplikasi membuat diagram seperti flowchart atau diagram alir yang berbasis Java sehingga kamu perlu memiliki Java terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

Ada berbagai jenis diagram yang bisa dihasilkan dari software ini seperti sequence diagram, class diagram, timing diagram, network, hingga Gantt Chart.

8. Draw.io

situs draw.io

Draw.io adalah software yang tepat jika kamu sedang ingin membuat grafik dengan cepat dan tidak membutuhkan fitur yang banyak. Hal ini karena draw.io adalah software yang sederhana dan gratis. Aplikasi pembuat flowchart online ini bisa kamu akses secara gratis di situs draw.io.

Aplikasi membuat flowchart ini dirancang secara khusus untuk orang yang ingin membuat diagram dengan cepat tetapi tetap menghasilkan karya yang hidup. Terdapat berbagai elemen yang tersedia.

Elemen-elemen tersebut mulai dari elemen dasar seperti lingkaran, oval, persegi, atau segi tiga hingga elemen lanjutan seperti panah atau tongkat.

9. Google Drawings

situs Google Drawings

Software besutan Google ini cukup layak diperhitungkan untuk menghasilkan berbagai macam grafik dan diagram. Google Drawing sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Hal ini karena fitur yang tersedia sudah sangat lengkap, tampilan yang sangat sederhana, tersedia dalam berbagai bahasa mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, hingga bahasa Portugis.

Selain itu, Google Drawings juga sangat ringan dan dapat digunakan di perangkat dengan berbagai spesifikasi. 

Flowchart yang telah kamu buat secara otomatis akan tersimpan di akun Google Drive. Hal ini karena Google Drawings adalah aplikasi flowchart online sehingga kamu harus terhubung dengan internet.

Dengan demikian, maka kamu dapat dengan mudah mengakses flowchart dari berbagai perangkat selama perangkat tersebut online dan tersambung ke akun Google Drive.

10. Calligra Flow

download Calligra Flow

Calligra Flow memiliki nama lain yaitu Kivio. Ini adalah software gratis dan merupakan bagian dari Calligra Suite. Software ini masih cukup muda karena baru dirilis pada 1 Februari 2018.

Jika dibandingkan dengan beberapa software di atas, Calligra Flow lebih cocok digunakan oleh orang yang sudah mahir. Hal itu dikarenakan fitur yang tersedia sangat banyak dan cukup kompleks.

Software ini dikembangkan oleh Calligra.org dengan berbagai fitur yang membuat software ini bisa digunakan untuk menghasilkan diagram jaringan, flowchart, hingga bagan organisasi.

Kalau kamu masih merasa kurang dengan fitur yang tersedia, kamu bisa menambahkan beberapa plugins untuk memberikan fitur yang lebih banyak.

Calligra Flow juga mendukung stencil dari Dia dan grafik bisa dibentuk dengan menggunakan bahasa pemrograman Phyton.

Flowchart adalah bagan yang mempermudah pengguna untuk melihat suatu alur baik dalam proses pembuatan sesuatu maupun cara kerja suatu sistem.

Bagan alir atau flowchart dapat dibuat dengan menggunakan berbagai software seperti yang tertulis di atas. Software tersebut sangat membantu terutama dalam pembuatan flowchart yang kompleks.

Author

Senang mencoba hal baru, suka sepedahan keliling kota, suka banget kebuli. Sedang menempuh pendidikan di kampus swasta di Jakarta.

Tinggalkan Komentar