Cara Mempercepat Koneksi WiFi




Koneksi WiFi yang cepat tentunya sangat membantu pekerjaan sehari-hari. Bayangkan saja bagaimana jadinya jika koneksi WiFi tiba-tiba melambat secara tiba-tiba. 

Tentu saja kamu bakal terganggu. Terlebih saat itu, ada pekerjaan atau tugas kuliah yang sudah harus deadline. Tentu saja karena masalah sepele ini emosi bakal memuncak.

Nah, di artikel ini akan dibahas mengenai cara mempercepat koneksi WiFi paling mudah yang bisa diterapkan. Berikut daftar cara yang bisa dicoba.

1. Update Firmware Router

Cara pertama ini adalah salah satu cara paling sederhana sekaligus paling mudah untuk dilakukan. Ya, kamu tinggal melakukan update pada firmware router secara berkala untuk mempercepat koneksi WiFi.

Kini sudah banyak perusahaan router yang tersedia di pasaran. Dimana kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, budget, dan tentunya kecepatan koneksi WiFi yang diinginkan.

Disarankan untuk memilih firmware router dari perusahaan yang selalu update secara rutin. Tujuannya supaya koneksi WiFi bisa cepat sehingga tidak mengganggu setiap pekerjaanmu.

2. Tempatkan Router Di Lokasi Yang Optimal

Router memiliki desain yang apik dan cantik untuk ditempel atau diletakkan di dalam ruangan. Hanya saja kamu harus memperhatikan di mana lokasi router ini diletakkan agar bisa bekerja dengan optimal.

Tidak disarankan untuk menyembunyikan router di lemari ataupun dekat dengan jendela tempat keluar masuknya kabel. Biasanya hal ini merusak kecepatan WiFi.

Supaya koneksi WiFi lebih cepat, disarankan menempatkan router di bagian tengah rumah supaya sinyalnya dapat menjangkau seluruh ruangan. Kamu bisa meletakkannya di ruangan kosong jika perlu.

3. Gunakan Frekuensi 5 Ghz

Cara ini bisa menjadi salah satu langkah terbaik untuk penguat sinyal WiFi yang paling mudah untuk dilakukan. Ya, kamu bisa menggunakan frekuensi di angka 5 Ghz.

Memang frekuensi jaringan WiFi itu sangat banyak. Hanya saja koneksi di frekuensi 5 Ghz ternyata lebih cepat dibanding frekuensi lainnya. Kenapa begitu?

Karena di frekuensi ini jarang penggunanya. Hal ini berbeda dengan frekuensi 2.4 Ghz yang penuh sehingga menganggu kecepatan koneksi WiFi yang dihasilkan nantinya.

4. Gunakan Channel Wifi Yang Berbeda

Bagi yang memiliki tetangga yang kebetulan juga memiliki router ataupun access ponts, perlu diketahui hal tersebut terkadang juga mengganggu performa koneksi WiFi yang kamu miliki.

Intinya, router WiFi itu bekerja di semua channel yang sudah disediakan. Jadi tidak heran jika kamu disarankan menggunakan channel WiFi yang berbeda atau agak sepi supaya koneksi WiFi lebih cepat.

Melalui PC ataupun komputer, kamu bisa melihat dengan jelas channel mana yang saat itu sedang digunakan oleh tetangga. Caranya tinggal masuk ke menu command prompt.

Berikutnya ketikkan saja netsh wlan show all. Dari sini, kamu bisa melihat daftar jaringan wireless serta channel yang sedang digunakan oleh tetangga dan orang sekitar.

5. Atur Lokasi Bandwidth Dengan QOS

Kecepatan koneksi WiFi juga dipengaruhi oleh lokasi bandwidth yang kamu gunakan. Dengan begitu, kamu harus mengatur lokasi bandwidth yang sedang digunakan dengan baik.

Untuk mengatur lokasi bandwidth kamu bisa menggunakan banyak metode. Salah satu yang paling akurat adalah dengan layanan QOS.

Dengan layanan ini, kamu bisa mengatur letak dan posisi bandwidth terbaik sehingga menghasilkan koneksi WiFi yang cepat dan anti lambat.

6. Gunakan Router Dengan Standar Terbaru

Untuk mempercepat koneksi internet WiFi, kamu juga harus menggunakan router yang standarnya sudah terbaru di pasaran. Jangan biarkan router yang digunakan sudah usang atau lawas.

Secara tidak sadar hal tersebut juga mengganggu koneksi WiFi yang nanti akan keluar pada jaringan.  Bagi yang menggunakan router lama, misalnya 802.11n, router ini memiliki batas bandwitdth rendah.

Hal tersebut tentu saja menggangu kecepatan koneksi WiFi yang keluar. Jadi pastikan kamu menggunakan router yang terbaru agar koneksi WiFi tetap berjalan dengan baik. 

7. Gunakan Antena Yang Lebih Kuat

Antena juga mempengaruhi kecepatan setiap koneksi yang dihasilkan oleh jaringan WiFi yang kamu miliki. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan jenis antena yang paling bagus dan kuat.

Contoh antena yang paling kuat untuk digunakan adalah jenis antena DIY (buat sendiri). Cara mempercepat koneksi WiFi dengan antena ini tidak sulit sedikitpun. 

Kamu cukup memotong bagian atas serta bawah kaleng dan memotong bagian tengah kaleng supaya ada lembaran metalnya.

Kemudian taruh potongan tersebut di belakang antena router yang kamu miliki. Biarkan saja bagian depan antena tadi terbuka. Meskipun tidak terlalu drastis perubahannya, tapi kecepatan WiFi bisa naik.

8. Jauhkan Router Dari Perangkat Elektronik

Tidak sedikit pengguna WiFi yang meletakkan router di sekitar televisi atau pesawat telepon. Padahal hal tersebut jelas salah kaprah. Pasalnya bisa mengurangi kecepatan koneksi WiFi yang keluar nantinya.

Ada baiknya meletakkan router jauh dari perangkat elektronik. Hal itu dilakukan karena gelombang elektronik yang dihasilkan bisa merusak koneksi WiFi sehingga lebih lamban dibanding tempat lain.

Disarankan meletakkan router jauh dari perangkat TV, speaker, AC, monitor atau sebagainya. Kamu bisa meletakkannya di ruangan tengah yang sedang kosong agar memaksimalkan kecepatan koneksi WiFi.

9. Gunakan Wifi Extender

Untuk mempercepat jaringan WiFi, kamu juga bisa menggunakan WiFi extender. Cara kerja alat untuk menguatkan sinyal WiFi ini adalah dengan menangkap sinyal dari modem.

WiFi extener akan menyebar ulang sinyal tadi ke masing-masing pengguna atau client. Umumnya, WiFi extender digunakan saat modem tidak bisa menjangkau seluruh ruangan.

Jadi dengan adanya alat ini, sinyal WiFi yang lemah akan menjadi lebih kuat. WiFi Extender dapat mempercepat koneksi WiFi dengan sangat baik.

10. Password yang Kuat

Password yang ditanamkan pada WiFi juga membuat koneksi internet pada WiFi semakin kuat. WiFi yang diamankan dengan password kemungkinan bisa menghindari tetangga nakal yang mencuri WiFi.

Pastikan menggunakan password WiFi yang kuat agar tidak mudah dibobol oleh orang lain. Kamu bisa menggunakan password dari beberapa kombinasi huruf, angka dan simbol lainnya.

Jika perlu gunakan juga enkripsi WA2 supaya lebih sulit untuk dibobol oleh orang lain. Hanya saja pastikan passwordnya juga sudah kamu hafalkan.

11. Reboot Router Secara Reguler

Reboot router secara reguler menjadi salah satu cara terbaik untuk memperkuat sinyal WiFi yang keluar sehingga menghasilkan koneksi internet yang lancar nantinya.

Disarankan untuk tidak hanya reboot router secara reguler ketika koneksi WiFi mulai melambat saja. Namun pastikan mengatur jadwal otomatis supaya melakukan reboot router ini.

Lantas kapan waktu terbaik untuk reboot router? Kamu bisa melakukannya seminggu sekali atau sebulan dua kali jika benar-benar sibuk. 

12. Minimalkan Aplikasi Latar Belakang

Di jaringan WiFi, kamu juga bisa menggunakan banyak latar belakang untuk sisi estetika. Hanya saja disarankan untuk meminimalkan aplikasi latar belakang.

Jika terlalu banyak, biasanya koneksi WiFi akan melambat sehingga mengurangi kecepatan koneksi. Gunakan latar belakang yang menurutmu perlu saja untuk menambah kecepatan WiFi.

13. Upgrade Paket Internet

Biasanya masalah koneksi WiFi melambat karena paket internet dengan kecepatan yang mentok di angka rendah. Coba periksa paket internet yang sedang digunakan.

Karena itulah disarankan untuk melakukan upgrade pada paket internet yang sedang digunakan. Dengan begitu, kecepatan koneksi WiFi bisa ditingkatkan dengan baik.

Ada banyak cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa diterapkan. Dengan mengikuti cara-cara di atas, diharapkan koneksi kamu sudah tidak lambat lagi. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar