Mengetahui ukuran instagram story, profil, feeds, live, dan video yang pas tentu sangat penting, agar konten tidak terpotong.

Saat kita mengunggah postingan di Instagram, baik untuk postingan di halaman feeds, insta story maupun IGTV, semuanya memiliki ketentuan dalam hal ukuran gambar atau videonya.

Oleh sebab itu, mengatur ukuran gambar sebelum mempostingnya di Instagram perlu untuk kamu lakukan.

Berikut ini adalah beberapa ketentuan ukuran gambar Instagram yang harus kamu tahu.

1. Ukuran Foto & Video Instagram Yang Paling Pas

Ukuran video dan foto Instagram memiliki rasio yang bervariasi tergantung pada orientasi foto dan jenis postingan instagram nya.

Ini dia ringkasan daftar ukuran foto dan video Instagram yang paling umum:

Jenis Postingan InstagramAspek RasioUkuran Optimal (px)
Foto persegi1:11080 x 1080px
Foto landscape1.91:11080 x 608px
Foto portrait4:51080 x 1350px
Story Instagram9:161080 x 1920px
Foto cover IGTV1:1.55420 x 654px
Video persegi1:11080 x 1080px
Video landscape1.91:11080 x 608px
Video portrait4:51080 x 1350px

2. Ukuran Story Instagram

Insta story adalah salah satu jenis postingan yang ada di Instagram. Postingan ini lebih ditujukan untuk melihat aktivitas si pemilik akun selama 24 jam terakhir. Lebih dari itu, tayangan akan hilang.

Postingan ini bisa kamu lihat di halaman depan dengan meng-klik gambar lingkaran berwarna merah.

Agar ukuran gambar Instagram tidak terpotong, ikuti ketentuan ukuran insta story berikut:

a. Landscape

Pada dasarnya, insta story merupakan sebuah postingan Instagram untuk tampilan potrait (tegak), namun kamu tetap bisa mengunggah gambar atau video landscape di dalamnya.

Kamu bisa menggunakan ukuran default-nya, yaitu 1080 x 608 pixel atau rasio 1.91:1. Atur saja besar kecilnya gambar sesuai dengan lebar layar di HP kamu dan gambar tidak akan pecah.

b. Potrait

Ini adalah posisi gambar yang sesuai dengan format insta story di Instagram. Seperti sudah dijelaskan di atas, rasio gambar pada insta story adalah 9:16 atau 1080 x 1920 pixel.

Dengan ukuran gambar Instagram tersebut, kamu tidak perlu lagi menyesuaikannya karena secara otomatis akan pas dengan space yang tersedia dan gambar juga tidak pecah.

Video dalam insta story memiliki durasi maksimal 15 detik saja. Lebih dari itu, video akan dilanjutkan pada postingan story selanjutnya.

Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan durasinya terlebih dahulu.

Mau menyimpan story teman, gebetan, atau mantan? Yuk baca artikel ini >> Cara Mudah Download Story Instagram.

3. Ukuran Foto Feed Instagram

Foto feed merupakan postingan utama pada media sosial Instagram. Jenis postingan ini adalah foto-foto yang akan kamu lihat saat mengunjungi halaman profil pemilik akun Instagram.

Ada beberapa ukuran gambar yang bisa ditampilkan pada postingan ini, yaitu persegi, potrait, dan juga landscape.

Ketiganya tentu saja memiliki ukuran optimal yang berbeda-beda, di antaranya:

a. Landscape

Mode landscape adalah gambar dengan posisi horizontal. Bagi kamu yang suka dengan postingan foto berupa pemandangan, format ini adalah yang paling cocok.

Rasionya adalah 1.91:1 atau dengan resolusi sebesar 1080 x 608px.

b. Square

Untuk mengunggah foto dengan bentuk persegi, rasio yang digunakan adalah 1:1. Kamu bisa menggunakan foto beresolusi 1080 x 1080 px agar gambar terlihat HD.

Meski begitu, setelah gambar berhasil diunggah ke Instagram, resolusi gambar akan di-resize oleh pihak Instagram menjadi ukuran 600 x 600 px dengan kualitas gambar yang tetap bagus.

Postingan foto bentuk persegi adalah postingan yang paling sering digunakan oleh para pengguna Instagram. Banyak sekali kreasi yang bisa diciptakan dari gambar-gambar persegi.

Salah satunya adalah Creative Multiple Post. Postingan ini akan menampilkan postingan beberapa slide yang gambarnya saling terhubung dari slide pertama hingga slide berikutnya.

c. Potrait

Bentuk gambar terakhir yang bisa kamu tampilkan pada halaman feed di Instagram adalah bentuk potrait. Ukuran standar yang direkomendasikan Instagram untuk potrait adalah 4:5.

Jika  diubah dalam pixel akan menjadi 1080 x 1350px. Gambar ini bisa kamu gunakan untuk postingan berupa bangunan tinggi atau gambar-gambar lain yang butuh media display potrait.

Sebagai catatan, Instagram akan menyesuaikan foto yang kamu unggah dengan resolusi minimal 320 pixel dan maksimal 1080 pixel. Apa yang akan terjadi jika resolusi yang diunggah lebih besar?

Jika fotomu lebih dari 1080 pixel, maka Instagram akan menurunkannya menjadi 1080 pixel.

Jika berukuran kurang dari 320 pixel, maka akan dinaikkan menjadi 320 yang akan membuatnya pecah.

4. Ukuran Video Feed Instagram

Secara tampilan, feed video di Instagram memiliki aspek rasio yang sama dengan foto, yaitu potrait (vertikal), landscape (horizontal) dan persegi. Jadi, kamu bisa mengunggah berbagai format ukuran.

Berikut ini adalah resolusi optimal video untuk diunggah di feed Instagram:

a. Landscape

Ukuran postingan video yang pas agar kamu tidak perlu melakukan croping pada video landscape milikmu, maka gunakanlah resolusi 1.91:1 atau 1080 x 608px.

Video akan fit atau pas dengan layar dan bisa kamu lihat secara utuh tanpa ada bagian yang terpotong. Postingan video cinematic cocok untuk menggunakan format ukuran ini.

b. Square

Sama seperti foto, rasio 1:1 menjadi ukuran yang disediakan oleh pihak Instagram untuk memposting video berbentuk persegi atau dalam pixel sebesar 1080 x 1080 pixel.

Biasanya akun-akun online shop atau video animasi menggunakan ukuran ini untuk menampilkan kontennya di dalam Instagram dan hasilnya juga sangat bagus.

c. Potrait

Untuk posisi potrait, agar hasil dapat terlihat lebih optimal, maka gunakanlah rasio 4:5 atau 1080 x 1350 pixel pada video yang ingin kamu ungguh ke Instagram.

Secara otomatis Instagram akan membuat videomu terlihat seutuhnya tanpa ada bagian yang terpotong sehingga kamu tidak lagi perlu mengeditnya lebih lanjut.

Video yang cocok untuk tampilan potrait adalah video promosi, iklan, informasi event dan lain-lain. Jika kamu punya kreasi lainnya, maka buat saja sesuai dengan seleramu.

Video yang bisa diunggah memiliki durasi antara 2 sampai dengan 60 detik. Jika masih dirasa kurang, kamu bisa menambahkan slide tambahan untuk melanjutkan videonya.

Mau buat feed IG lebih keren? Kamu bisa mencoba Tips Membuat Feed Instagram Nyambung.

5. Ukuran IGTV Video

Fitur paling baru yang dikeluarkan oleh Instagram adalah IGTV. Di sini kamu bisa menampilkan video dengan durasi yang lebih lama dari postingan video biasa yang hanya 60 detik saja.

Kamu bisa memposting video berdurasi 1 jam dengan ukuran upload Instagram mencapai 3,6 GB. Agar video tidak terpotong, berikut ukuran layar atau resolusi yang bisa kamu gunakan:

a. Landscape

Untuk video landscape kamu bisa menggunakan rasio 16:9 atau 1920×1080 pixel. Sesuaikan saja seperti apa konten yang ingin kamu unggah.

b. Potrait

Sama dengan landscape, hanya saja orientasinya dibalik. Resolusi Instagram IGTV yang direkomendasikan untuk tampilan potrait adalah 9:16 atau 1080×1920 pixel.

c. Ukuran Cover IGTV

Khusus IGTV, kamu bisa membuat cover untuk ditampilkan sebelum video diputar. Untuk membuatnya, resolusi yang disarankan adalah 1:1.55 atau 420 x 654 pixel.

6. Ukuran IG Live

Jika kamu melakukan live di Instagram, rasio yang akan ditampilkan adalah 9:16 (1080 x 1920 pixel) atau seperti tampilan pada Insta story. Video akan ditampilkan secara potrait dan fullscreen.

Saat terjadi interaksi antara dua orang, Instagram akan membaginya menjadi dua bagian, atas dan bawah. Sehingga resolusinya menjadi 1080 x 960 pixel untuk masing-masing bagian.

7. Ukuran Foto Profil Instagram

Sering sekali para pengguna IG memiliki foto profil yang terpotong di beberapa bagian. Bisa jadi mereka tidak tahu ukuran gambar Instagram yang pas untuk foto profil.

Agar pas dan tidak terpotong, ukuran foto profil harus memiliki rasio 1:1 atau persegi. Resolusi minimal yang disarankan adalah sebesar 110 x 110 pixel atau 180 x 180 pixel agar lebih tajam.

Instagram saat ini sudah bisa menjadi platform yang menjanjikan untuk berbagai keperluan.

Agar postingan bisa lebih optimal, ukuran gambar Instagram harus disesuaikan dengan jenis postingan.

Author

Senang mencoba hal baru, suka sepedahan keliling kota, suka banget kebuli. Sedang menempuh pendidikan di kampus swasta di Jakarta.

Tinggalkan Komentar